3 Manfaat Baby Play Mat atau Baby Play Gym

Posted by kinderstreet 11/08/2017 0 Comment(s)

Apa manfaat dari baby play mat atau baby play gym? pertanyaan tersebut pasti muncul di kepala bunda atau ayah yang baru mengetahui "mainan" bayi baby play mat atau baby play gym. Mainan bayi memang banyak jenisnya dan mengetahui apa manfaat dari baby play mat atau baby play gym sebagai salah satu pilihan mainan untuk bayi dapat bermanfaat bagi bunda atau ayah yang sedang mencari mainan bayi yang bagus.

Baby play gym atau baby play mat adalah salah satu mainan bayi yang tidak hanya lucu, mereka juga memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang bayi, bahkan terdapat beberapa praktisi kesehatan bayi dan anak merekomendasikan baby play gym atau baby play mat untuk orang tua yang mencari nasihat mainan yang bagus.

Tanpa lebih panjang lebar lagi berikut 3 manfaat baby play mat atau baby play gym yang telah paling umum:

 

Manfaat Baby Play Mat atau Baby Play Gym

1. Manfaat Kognitif Bayi

Baby Play Mat atau Baby Play Gym memungkinkan bayi bunda mempelajari dasar-dasar sebab dan akibat. Antara sekitar 6 minggu dan 4 bulan, bayi terlibat dalam sesuatu yang disebut Piaget "reaksi lingkaran primer". Ini berarti mereka belajar mengulangi tindakan yang awalnya mereka lakukan secara kebetulan (seperti "sengaja" memukul mainan). 

Kemudian antara sekitar 4-8 bulan bayi mulai dengan sengaja melakukan tindakan ini dan mengulanginya karena mereka merasa menyenangkan! Tindakan ini disebut "reaksi melingkar sekunder". Beberapa contoh termasuk meraih, menarik, atau menendang mainan untuk membuatnya menyala atau membuat suara. 

Keterampilan ini penting karena merupakan awal dari logika dan pengertian sebab dan akibat. Baby Play Mat dan Baby Play Gym memfasilitasi pengembangan pemahaman sebab dan akibat ini dengan menyediakan mainan yang menggantung dan bahkan mainan tendan dan tarik yang merespons tindakan mereka, mendorong mereka untuk berinteraksi dengan mainan tersebut berulang kali.

 

 

2. Manfaat Persepsi Visual

Bayi dilahirkan dengan kemampuan melihat yang dekat, yang berarti benda-benda yang jauh sulit dilihat oleh bayi. Mereka dapat melihat benda paling jelas saat mereka berada sekitar 8-12 inci dari wajah mereka, dan baby play gym atau baby play mat dapat membantu untuk mengakomodasi kemampuan persepsi visual bayi yang baru lahir. 

Bayi yang baru lahir lebih suka dan paling bisa melihat wajah (jadi pastikan menghabiskan banyak waktu tatap muka dengan si kecil Anda!), Diikuti oleh benda-benda dengan warna yang sangat kontras seperti hitam dan putih. Banyak baby play gym dan baby play mat mempertimbangkan hal ini dengan menawarkan tikar dan mainan menggantung yang memiliki warna kontras yang cerah. 

Bayi mulai mengembangkan persepsi kedalaman sekitar usia 4 bulan (yang bersamaan dengan perkembangan tindakan sebab / akibat yang disengaja), yang memungkinkan mereka menikmati olahraga bayi mereka lebih banyak karena mereka dapat melihat apa yang mereka raih saat meraih mainan!

 

3. Manfaat Dalam Keterampilan Mencengkeram dan Mencapai

Saat bayi lahir, kemampuan menggenggam dan mencapai mereka didominasi oleh refleks, yang berarti reaksi mereka secara otomatis bereaksi dengan cara tertentu saat dirangsang dan tidak benar-benar memiliki kontrol terhadapnya. Misalnya, bayi yang baru lahir menunjukkan sebuah Cari tahu bagaimana Anda bisa menggunakan baby play gym untuk membantu mendorong perkembangan bayi Anda di berbagai domain perkembangan! Sebagai contoh, bayi baru lahir mempunyai "palmer grasp reflex" dan secara refleks menangkap apa saja yang ditekan ke telapak tangan mereka. 

Ini berarti bayi yang baru lahir dapat menangkap mainan berbunyi atau cincin yang tergantung di baby play gym atau baby play mat disaat mereka belajar memegang benda, mengembangkan pemahaman visual tentang apa yang mereka pegang, dan membangun pemahaman tentang sebab dan akibat saat mereka menggoyangkan dan mengguncang mainan (lihat bagaimana semua hal ini terhubung?). Sekitar 5 atau 6 bulan, bayi harus mulai memahami benda-benda di baby play gym secara sendirinya dan berlawanan dengan refleksif.

Bayi juga menunjukkan refleks yang disebut "ATNR" setiap kali kepala mereka berpaling ke samping, lengan yang sama memanjang ke arah mata mereka saat melihat, sementara lengan bayi yang berlawanan ditekuk di belakang kepala. Ini adalah awal dari keterampilan koordinasi tangan-mata bayi.

Baby Play Gym dan Baby Play Mat mendorong bayi untuk menggunakan ATNR itu secara fungsional saat mereka berbaring telentang dan mulai melihat dan menepuk mainan! Pada saat refleks ini "hilang" sekitar 6 bulan, bayi harus dapat melakukan dan mengendalikan gerakan lengan mereka bersamaan dengan pemahaman kognitif sebab dan akibat. Bukankah menakjubkan bagaimana semua keterampilan ini berkembang dan sesuai satu sama lain?!

Selain keterampilan refleksif ini, baby play mat dan baby play gym juga dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan bayi untuk membawa kedua tangan ke arah garis tengah tubuh. Sambil berbaring telentang saat mereka memegang mainan (sekitar 1-3 bulan), meraih benda dengan dua tangan di garis tengah (sekitar 4-5 bulan) dan mencapai garis tengah tubuh mereka. 

Kemampuan untuk datang dan melintasi garis vertikal tak terlihat di tengah tubuh (dan di tengah horizontal) adalah keterampilan penting SUPER bagi anak-anak untuk berkembang! Ini memperkuat struktur di tengah otak yang disebut Corpus Callosum dan merupakan bagian besar dari bayi yang bisa belajar merangkak. Ini juga membantu mereka mengembangkan koordinasi dua tangan ("keterampilan bilateral") dan dominasi tangan saat mereka memasuki masa balita dan usia prasekolah. 

Selain berlatih persimpangan garis tengah saat menggunakan gym bayi, anak kecil bisa berlatih melintasi garis tengah melalui musik 

Write a Comment